Saturday, March 18, 2017

ANALISIS BUKU IPS BUKU SISWA DAN GURU




ANALISIS BUKU IPS BUKU SISWA DAN GURU






PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG



BAB 1
PENDAHULUAN

Kurikulum 2013 dirancang untuk membekali siswa dalam pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan taat kepada agama secara utuh. Proses pencapaian tersebut harus ditanamkan dalam setiap mata pelajaran yang dirangkai dalam satu kesatuan dalam mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Salah satu melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan menghasilkan siswa yang dewasa secara seutuhnya dan siap menyelesaikan setiap masalah ketika berada di masyarakat.
Bidang-bidang ilmu sosial yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pembelajarannya ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang konsep konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas-aktivitas sosial di dalamnya. Melalui gambaran umum tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dikenalkan keberagaman potensi masing-masing daerah. Keberagaman potensi tersebut menciptakan dinamika pasokan-kebutuhan dalam dimensi ruang dan waktu yang memicu tentang pentingnya pembentukan ikatan konektivitas multi dimensi tersebut, sehingga akan menghasilkan kesatuan kokoh dalam keberagaman yang ada.
Mengacu pada pembelajaran terpadu IPS yang secara utuh dapat dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam keempat ranah tersebut. Tiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Sebagai pedoman pembelajaran buku ini perlu dilakukan analisis guna perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada buku IPS ini. Mudah-mudahan dapat memberikan analisis yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka.


                                                                                                                      Penulis



BAB 2
ANALISIS BUKU
Identitas Buku Paket IPS SMP kelas VII
Judul Buku      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tahun Terbit    : 2013
Penerbit           : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Halaman          : 198 Halaman
Dalam menganalisis sebuah buku perlu kita perhatikan bagian demi bagian supaya dapat melihat dan mengetahui secara jelas.
1.       Halaman cover sudah dirancang dengan baik dan dapat menarik siswa. Sudah menonjolkan sisi peta Indonesia da nada beberapa perahu asli yang sering digunakan di Indonesia untuk mencari ikan. Sudah dapat menyimpulkan adanya sisi geografi dan mata pencaharian dan konektivitas ruang.
2.       Adanaya informasi Buku termasuk HAKI dan CIPTA buku yang menerbitkan.
3.       Daftar isi sudah disusun dengan baik dan urut sesuai. Adanya daftar tabel dan daftar gambar sangat memudahkan siswa mencari data yang ada di dalam buku ini.
4.       Memasuki dalam setiap bab materi siswa sudah diberikan pengantar untuk menerima pengatahuan awal yang baik, guru hanya menambahkan agar siswa lebih tertarik dan mengetahui secara mendalam atau mencari refrence lain.
Diatas kita sudah menganalisis beberapa bagian identitas yang dapat kita ketahui. Dalam buku IPS kelas VII juga memliki tentang konsep konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas-aktivitas sosial di dalamnya. Melalui gambaran umum tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dikenalkan keberagaman potensi masing-masing daerah. Keberagaman potensi tersebut menciptakan dinamika pasokan-kebutuhan dalam dimensi ruang dan waktu yang memicu tentang pentingnya pembentukan ikatan konektivitas multi dimensi tersebut, sehingga akan menghasilkan kesatuan kokoh dalam keberagaman yang ada.

  I.            Komponen Kelayakan ISI
  1. Cakupan materi
Kelengkapan ruang lingkup materi walaupun dikemas lebih banyak dari segi geografi, namun sudah menyimpulkan bahwa buku ini juga mempelajari IPS terpadu secara komplek. Materi geografi sebagai pokok namun dipadukan dengan kehidupan sosial masyarakat pada masa Hindu-Budha berarti sudah mencantumkan unsur sejarah. Mencantumkan juga Kelembagaan Sosial dan Keragaman Sosial juga mencerminkan adanya konsep sosiologi. Mempelajari aktivitas manusia terhadap lingkungan ekonomi juga ada. Semua ini merupakan cakupan materi yang sudah mengarahkan adanya konsep IPS terpadu yang disajikan secara terintegrasi dan interdisiplin. Sehingga menyiapkan siswa menjadi warga negara yang baik sesuai dengan Pancasila.

Dapat kita lihat dalam daftar isi yang ada disusun sebagai berikut :
Bab 1 Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
A. Konektivitas Antar-Ruang dan Waktu
B. Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
C. Keadaan Alam Indonesia
D. Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam
Bab 2 Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
A. Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam 
B. Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
Bab 3 Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 
A. Keadaan Penduduk Indonesia
B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam
C. Potensi Alam dan Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia
D. Jenis-Jenis Kelembagaan Sosial
Bab 4 Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia
A. Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia
B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keragaman Sosial Budaya
C. Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa
D. Keragaman Budaya sebagai Aset Perekonomian Bangsa
Bab 5 Interaksi Manusia dengan Lingkungan
A. Pengertian Interaksi Manusia dan Lingkungan 
B. Saling Keterkaitan Antar komponen Lingkungan
C. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Alam
D. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi
E. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Sosial Budaya



  1. Akurasi Materi
Sudah disusun secara urut dan sesuai dengan tujuan kompetensi yang ada. Namun, perlu diperhatikan juga guru perlu menyampaikan empat aspek yang ada di KI 1, 2, 3, 4 supaya dapat tercapai tujuan IPS.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Kelas: VII

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (KI 1)
1.1.Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (KI 2)
2.1.  Meniru perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh- tokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
2.2  Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.2.  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan  interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (KI 3)
3.1  Memahami aspek keruangan  dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan  manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3  Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. (KI 4)
4.1  Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.
4.3  Mengobservasi dan menyajikan bentuk- bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.


Kebenaran dan ketepatan fakta yang ada di alam Indonesia sudah dipaparkan secara komplit disertai teori-teori dan konsep yang baik misalnya :
1.      Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia pada halaman 2 diberikan sebuah contoh peristiwa banjir yang ada di Jakarta. Disertai gambar dan dicantumkan Sumber dari  Sumber: evoucher.co.id
2.      Adanya nilai bersyulur kepada Tuhan YME merupakan tujuan KI 1 pada setiap bab yang ada. Misalnya yang terdapat di halaman 8 menerangkan bahwa letak Indonesia yang strategis dan memilik kesuburan dalam iklim tropis yang baik.
3.      Diberikan wawasan teori dalam setiap bab seperti pada halaman 11 melalui teori atau Gaya coriolis atau akibat rotasi bumi.
4.      Konsistensi kebenaran dan ketepatan teori, konsep, dan fakta selalu dipertahankan dalam setiap bab tercermin selalu ada sumber yang pasti dan wawasan teori pengetahuan yang ada pada setiap sub bab.

  1. Kemuthahiran Materi
Materi yang disampaikan sesuai dengan perkembangan ilmu terbaru. Memberikan contoh data terbaru melalui sumber yang terpercaya. Rujukan-rujukan pada daftar pustaka menggunakan buku 10 tahun terakhir, walaupn ada yang masih tahun sebelumnya itu masukan materi yang sudah pasti teruji kebenarannya.
Contoh iluistrasi juga menggunakan yang terbaru seperti yang ada pada halaman 20 tentang tsunami Aceh begitu dekat dan mengancam Indonesia. Dan pada halaman 22 ditumbuhkan rasa kecakapan sosial atau kepedulian sesama pada kolom renungkan.
Menumbuhkan semangat kewirausahaan, etos kerja tinggi dan daya saing pada halaman 19 dalam dunia pertanian sudah dipacu supaya siswa mempunyai ide kreatif dan menghargai pekerjaan sebagai petani di Negara agraris. Dalam setiap bab juga sudah memunculkan kreatifitas dalam aktifitas individu maupun kelompok yang ada.
Adanya aktifitas yang mengharapkan siswa mengerjakan secara individu dan adakalanya menyelesaikan secara kelompok. Tugas atau aktifitas yang diberikan ini memang tidak ada materi di depan namun dihalaman berikutnya ini diperbolehkan agar siswa mempelajari selanjutnya asal diberi petunjuk guru lebih lanjut. Sudah baik diberikan rangkuman dan uji pemahaman materi sampai adanya refleksi.


                                                           II.            Komponen Penyajian
                                                        a.        Penyajian Pembelajaran
Penyajian bersifat komunikati dan interaktif karena siswa seperti diajak diajak berbicara dan berdiskusi langsung melalui wawasan dan aktifita yang ada. Berpusat pada peserta didik yang bebas mencari ide yang ada disekitarnya. Dapat dilakukan tanpa membedakan jender dan sangat partisipasi aktif. Guru hanya memberikan pengarahan sudah cukup biarkan anak yang melakukan

b.        Merangsang keingintahuan
Adanya aktifitas yang mengharapkan siswa mengerjakan secara individu dan adakalanya menyelesaikan secara kelompok. Tugas atau aktifitas yang diberikan ini memang tidak ada materi di depan namun dihalaman berikutnya ini diperbolehkan agar siswa mempelajari selanjutnya asal diberi petunjuk guru lebih lanjut. Sudah baik diberikan rangkuman dan uji pemahaman materi sampai adanya refleksi.
Disajikan dengan berbagai desain hal yang menarik dengan warna biru. Gambar-gambar contoh yang lengkap dan penuh warna corak alam Indonesia membuat siswa tertarik membaca.

c.         Mengandung wawasan kontekstual
Relevan dengan lingkungan peserta didik misalnya dampak banjir di sekitar lingkungan mereka. Ddiajarkan bagaimana menjaga dan peduli lingkungan supaya tidak terjadi banjir kembali.
Apresiasi terhadap potensi dan kekayaan daerah yang pada halaman 19 dalam dunia pertanian sudah dipacu supaya siswa mempunyai ide kreatif dan menghargai pekerjaan sebagai petani di Negara agraris. Dalam setiap bab juga sudah memunculkan kreatifitas dalam aktifitas individu maupun kelompok yang ada.
Pada aktifitas kelompok halaman 32

d.        Teknik Penyajian
Sistematika sajian dalam setiap bab disajikan urut dan lengkap sesuai dengan daftar isi pengembangannya juga terarah. Mempunyai kelogisan dan keseimbangan materi yang dinamakan IPS Terpadu pada setiap bab meskipun disajikan intinya geografi namun dapat dipelajari juga konsep Sejarah, ekonomi dan sosiologi nya, terutama menyiapkan siswa menjadi warga negara yang baik.
e.         Pendukung Penyajian
Sumber dan pendukung rujukan sudah diberi daftar tabel dan daftar gambar pada awal bagian vii. Setiap informasi yang ada disertai selalu dengan no data dan sumber dan informasinya, walaupun ada beberapa sumber tidak jelas mengunduh dari mana. Misalnya pada gambar 2.10 sumber dari I Made Sandy itu diambil dari peta atau hanya data pribadi seseorang. Pada halaman 31 diberikan wawasan ilustrasi dengan baik bagaimana gunung berapi itu mulai erupsi. Diberikan pengetahuan juga bagaimana antisipasi agar terhindar dari bahaya erupsi gunung berapi.
Kata pengantar sudah memeberi gambaran tentang buku IPS ini sehingga memicu siswa dalam lebih memperdalam ilmu lagi dengan berbagai sumber yang lain. Dan pada awal bab selalu diberikan apersepsi yang baik supaya anak mempunyai pengertian awal dan mulai tertarik mempelajari lebih lanjut.
Kalau diperlukan diberikan glosarium dalam setiap akhir bab agar siswa dapat mengetahui istilah-istilah yang ada dalam setiap bab. Indeks sudah disusun berdasarkan abjad dan daftar pustaka sudah ditulis dengan baik dan benar sesuai data yang digunakan sebagai masukan buku.

III.            Komponen Kebahasaan
a.      Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik
Kesesuaian dengan perkembangan pikir peserta didik memang sudah diberikan dengan materi yang pas dan pengembangannya juga sesuai KI dan KD, akan tetapi menurut tingkat kedalaman materi anak SMP sudah dituntut untuk menganalisa dan mencari ide kreatif mengelola potensi di daerah setempatnya itu masih terlalu dini dan sudah terlalu dalam.
 Kesesuaian dengan perkembangan sosial dan emosional peserta didik dituntut dapat menganalisis masalah-masalah sossial di sekitar itu terlalu berat untuk anak usia SMP. Seharusnya mereka dibekali pengetahuan dan bekal sikap dalam menanggulangi. Tapi kita perlu merespon baik percepatan ini karena masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat juga sudah banyak dialami anak-anak usia dini dengan kemajuan IPTEK di era globalisasi ini.

b.      Komunikatif dan interaktif
Pesan yang disampaikan sudah mudah dipahami siswa dengan bahasa interaktif seolah-olah anak diajak langsung terjun dalam lapangan dan membayangkan proses tersebut. Diajarkan bagaimana memunculkan kreatifitas dan daya imajinasi sehingga mereka sudah bertanya-tanya lalu ingi melakukan pengamatan secara mendalam. Semoga buku ini memang akan menjadi cara meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik dalam kehidupan sosial mereka di lingkungan sekitr bahkan Indonesia.

KELEMAHAN BUKU
A.    Keterkaitan antar ruang dan waktu
Pertemuan 1:
·         Poin 3 : Penugasan aktivitas kelompok tidak sinkron dengan tabel yang ada di bawahnya.
Jika tabel aktivitas kelompok yang dimaksud adalah tugas kelompok pada poin 7, seharusnya tabel diletakkan di bawah no.7
Pertemuan 2:
·         Tidak ada poin yang menjelaskan tugas kelompok yang dikerjakan siswa langsung di bahas atau dijadikan tugas rumah.

B.     Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
Pertemuan 1:
·         Poin 1 : Tidak ada tugas individu yang diberikan guru pada pertemuan sebelumnya.
·         Poin 2: kesalahan terletak pada kata “peserta didik mampu MENUNJUKKAN PETA PADA LETAK ASTRONOMIS DST”. Seharusnya “Peserta didik mampu MENUNJUKKAN LETAK ASTRONOMIS DST PADA PETA dan kemudian menentukan wilayah tempat tinggalnya”.
·         Pada halaman 33 dalam tabel 1.1 karakteristik tidak disebutkan sumber dari mana.

C.     Keadaan alam di Indonesia
Langkah-langkah pembelajaran secara Umum
·         Poin 2: tidak setiap pertemuan guru menggunakan peta sebagai media saat mengajar.
Pertemuan 1:
·         aktivitas kelompok bertemakan pengukuran suhu tidak bisa dilaksanakan hanya dengan alokasi waktu 80 menit, karena untuk mengukur suhu kita memerlukan waktu mulai jam 07.00 – 17.00, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
·         Poin 7: Tidak dijelaskan pertanyaan seperti apa yang diajukan guru pada tugas individu yang diberikan untuk siswa.
Pertemuan 3:
·         Terdapat form aktivitas individu, tetapi tidak ada penjelasan kapan guru memberikan tugas individu untuk siswa.
Pertemuan 4:
·         Terdapat kata-kata” sebelum mengakhiri pertemuan ke-2 sub pokok bahasan dst”. Padahal materi ini dibahas pada pertemuan ke 4
·         Aktifitas kelompok pada halaman 45 perlu diperhatikan aktifitas sehari-hari dari aspek masa kenapa hanya ke tiga masa tersebut. Padahal Indonesia mengenal masa manusia purba animisme dan dinamisme sampai penjajahan belanda. Dan dalam materi yang disampaikan sebelumnya yang menjadi analisis siswa dalam setiap masa mempunyai ciri aspek yang berbeda tidak mesti harus geografi, ekonomi, sosial budaya, bahkan politik.
Pertemuan 5:
·         Juga sama dengan pertemuan ke 4
·         Kalau diperlukan diberikan glosarium dalam setiap akhir bab agar siswa dapat mengetahui istilah-istilah yang ada dalam setiap bab.

KELEBIHAN:
·         Bahasanya mudah dipahami
·         Penjelasannya lumayan lengkap jadi sangat membantu guru supaya lebih kreatif saat menggunakan media untuk menyajikan materi pembelajaran
·         Form Penilaian juga sudah disediakan, jadi guru mempunyai panduan yang sahih ketika melakukan penilaian.





BAB 3
PENUTUP

Kurikulum 2013 yang baru diterapkan ini memang perlu penyesuaian dan perbaikan supaya dapat dihasilkan pendidikan yang lebih sempurna. Terutama dalam kesiapan pemerintah menyediakan bahan ajar dan buku yang dapat menunjang kurikulum 2013. Memang dalam pembuatan sebuah buku itu tidak mudah. Perlu adanya revisi atau perbaikan, kritik dan saran berbagai pihak, khususnya tenaga pendidik sebagai pelaksana pendidikan. Pemerintah hanya memfasilitasi guru sehingga dapat memberikan pendidikan yang terbaik untuk siswa. Peran serta inilah yang akan membantu menyempurnakan buku IPS kelas VII edisi berikutnya.
Guru harus tetap mencari sumber dan mengembangkan dari buku lain. Juga menghubungkan dengan keadaan dan potensi yang ada di sekeliling hidup mereka. Sehingga mereka merasa dekat dan mudah memahami konsep IPS Terpadu. Tanggap masalah-masalah sosial dan dapat mempunyai ide dan gagasan kreatifitas dalam menyelesaikannya. Memberikan aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar menjadi siswa yang siap dengan kehidupan sosial.
Sekian buku IPS SMP kelas VII ini penulis bedah, semoga setiap masukan kritik dan saran akan menjadikan buku ini menjadi sempurna. Mengembangkan bagian-bagian yang kurang. Kalau ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Terimakasih

No comments:

Post a Comment