Thursday, March 16, 2017





RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Metode Penelitian Sosial

Dosen pengampu:
Prof. Dr. Wasino., M.Hum


Oleh :



PRODI PENDIIDKAN IPS
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG



TAHAP DALAM RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)
Dalam penelitian R&D ada tiga tahap yaitu:
1.      Tahap Pemetaan
a.       Mencari atau mensurvei masalah di tempat yang akan diteliti
b.      Indicator masalah yang ada
c.       Mengajukan solusi atau hipotesis (bisa berupa media, perangkat dsb)

2.      Tahap Konstuksi
a.       Membuat/mengembangkan model (berdasarkan prosedur pengembangan model)
b.      Penilaian kepada pakar/ahli media
c.       Memberikan langkah-langkah penyelesaian

3.      Tahap Uji coba dan implementasi
a.       Melakukan esperimen
b.      Tindakan


Membuat Kerangka Model Pengembangan R&D
1.      Tahap Pemetaan
a.       Perceraian orang tua yang beragama Kristen di Semarang. Membawa akibat perpisahan anak yang memilih ikut salah satu orang tua.
b.      Ada kekurangan kasih sayang terhadap anak, dan pendampingan terhadap anak berdampak pada pendidikan formal dan kenakalan ranak.
c.       Jika setelah perceraian pada orang tua terjadi, anak menjadi dilema harus memilih salah satu. Itulah yang menjadi alasan anak kurang mendapatkan kasih sayang dan pendampingan untuk masa pendewasaan anak.
d.      Meskipun perceraian orang tua terjadi tetap anak menjadi tanggung jawab bersama. Orang tua harus mendampingi dan mendidik anak sampai dia dewasa agar pendidikan formal anak tidak terganggu dan terjadi kenakalan anak.

2.      Tahap Rekonstruksi
a.       Memberikan pengertian kepada anak ini bukan perpisahan orang tua terhadap dirinya tapi hanya keputusan orang tua yang harus hidup sendiri tanpa mengurangi kasih sayang dan perhatian kepada anak.
b.      Orang tua harus tetap memperhatikan dan mendampingi anak dalam pendidikan formal dan pendewasaan dalam pergaulan anak.
c.       Proses pendewasaan anak dan anak wajib mendapatkan kasih sayang sampe usia 17 tahun. Dalam pendidikan formal anak perlu mendapatkan pendampingan dan pengarahan (Kak Seto Mulyadi).

3.      Tahap Uji coba dan implementasi
a.       Melakukan wawancara terhadap orang tua yang bercerai, dan proses pendampingan dan mendidik anak diserahkan kepada ayah atau ibu.
b.      Memberikan pendampingan dan kasih sayank yang sama dari ayah dan ibu.

c.       Menangani kenakalan anak karena kurang pedampingan orang tua yang berpisah harus dilakukan semua pihak. Pihak orang tua dan sekolah dalam mengawasi dan mendidik anak.

No comments:

Post a Comment